Holding Order

REGULATION

Holding Order adalah kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Australia untuk menahan produk makanan dan/atau minuman yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan dalam Imported Food Control Act 1992. Menurut Imported Food Control Act 1992, sebuah produk makanan dan/atau minuman dikatakan tidak memenuhi standar, apabila produk tersebut membahayakan kesehatan manusia karena misalnya mengandung pathogenic micro-organism, mengandung bahan kimia yang tidak disetujui, atau mengandung bahan kimia yang disetujui tapi melewati ambang batas yang ditetapkan.

 

Untuk memastikan bahwa setiap produk makanan dan/atau minuman yang masuk ke Australia telah memenuhi standar yang ditetapkan, maka setiap produk makanan dan/atau minuman impor tersebut yang masuk ke Australia akan melalui proses pemeriksaan yang disebut dengan Imported Food Inspection Scheme (IFIS). Apabila dalam proses pemeriksaan ditemukan bahwa produk tersebut tidak memenuhi standar yang ditetapkan, maka produk dimaksud akan dikenakan Holding Order. Terdapat 4 (empat) kemungkinan tindakan yang akan dikenakan kepada produk makanan dan/atau minuman yang gagal memenuhi standar pada pemeriksaan pertama, yaitu: (i) dibawa ke mekanisme compliance, (ii) di-downgrade, (iii) di-reekspor, atau (iv) dimusnahkan.

 

Holding Order akan dicabut apabila dalam 5 (lima) kali pengiriman berturut-turut, produk makanan dan/atau minuman tersebut telah memenuhi persyaratan yang berlaku. Pemerintah Australia tidak mengeluarkan list produk makanan dan/atau minuman yang dikenakan Holding Order. Pemerintah Australia hanya memberikan notifikasi kepada importir bahwa produk makanan dan/atau minuman yang diimpor dikenanakan Holding Order.

 

Informasi lengkap mengenai Holding Order dapat diunduh website Departemen Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Australia (DAFF) disini.