Dumping PDF Print E-mail

 indonesia flag round

 

 

Penting bagi para eksportir Indonesia untuk mengetahui pengertian mengenai Australia’s anti-dumping laws.  Otoritas yang menangani dumping di Australia adalah Trade Measures Branch, Australia Customs and Border Protection Service, sedangkan di Indonesia adalah Direktorat Pengamanan Perdagangan, Kementerian Perdagangan.

 

Apa itu Dumping?

 

Dumping terjadi pada saat barang yang diekspor ke Australia berada pada harga yang berada di bawah "Nilai Normal" barang. Nilai normal biasanya didasarkan pada harga dalam negeri barang di negara pengekspor.

 

Dumping adalah bentuk diferensiasi harga antar pasar. Dumping bukan merupakan suatu kegiatan yang dilarang di bawah perjanjian perdagangan internasional. Namun demikian, tindakan perbaikan (remedial action) dapat diambil apabila dumping menyebabkan/cause (atau mengancam untuk menyebabkan/or threatens to cause) injury pada industri di negara pengimpor.

 

 Apa itu Subsidi?

 

Subsidi adalah bantuan keuangan/financial assistance (atau pendapatan atau dukungan harga/or income or price support) yang dibayarkan oleh pemerintah negara pengekspor yang menguntungkan eksportirnya dalam mengekspor barang ke negara pengimpor, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika efek subsidi tersebut menyebabkan/cause (atau mengancam untuk menyebabkan/or threatens to cause) injury pada industri negara pengimpor, maka tindakan perbaikan (remedial action) dapat diambil.

 

Apa yang terjadi apabila Measure dikenakan?

 

Tindakan Dumping (dumping measures) dikenakan terhadap barang impor untuk mengimbangi (offset) efek injury dalam bentuk "Interim Dumping Duty (IDD)". (Interim) dumping duties dan/atau countervailing duties biasanya dikenakan untuk periode lima tahun (catatan: duty yang dikenakan untuk counteract Subsidi disebut “Countervailing Duty” dan biasanya dikenakan untuk periode lima tahun.

 

Tindakan perbaikan lainya untuk mengenakan duty adalah dimana Minister (of Customs di Australia) menerima harga yang ditetapkan oleh eksportir. Dengan kata lain, eksportir setuju nilai barang ekspornya berada pada atau diatas harga minimum export price (equal to the normal value or subsidy).  Tindakan perbaikan ini juga biasanya dikenakan selama periode lima tahun.

 

Informasi mengenai dumping Australia dapat diunduh melalui http://www.customs.gov.au/site/page4227.asp 

 

Selama tahun 2010, Pemerintah Australia telah menghentikan beberapa produk Indonesia yang dituduh dumping maupun menghentikan pengenaan bea masuk anti dumping asal Indonesia. Informasi mengenai hal tersebut dapat diunduh di:

 

1.       Pemerintah Australia Hentikan Proses Penyelidikan Ulang Tuduhan Dumping terhadap Produk “Certain Toilet Paper” Asal Indonesia;

2.       Australia Hentikan Pengenaan Bea Masuk Anti Dumping Produk LLDPE Indonesia;

3.       Tidak Terbukti Dumping, Indonesia Berpeluang Merebut Kembali Pasar Produk Kaca di Australia.

 

Penghentian penyelidikan dumping dan dicabutnya pengenaan Bea Masuk Anti Dumping Sementara tersebut merupakan berita positif bagi Indonesia karena berarti peluang eskpor Indonesia untuk produk-produk tersebut kembali terbuka.

 

 

 

Last Updated on Tuesday, 08 April 2014 01:08
 

Directorate General for National Export Development

Jl. M.I Ridwan Rais No. 5
Central Jakarta 10110, Indonesia.
Tel: +62-21-3858 171
Fax: +62-21-2352 8662
Website:   djpen.kemendag.go.id

Ministry of Trade

Jl. M. I. Ridwan Rais No. 5
Central Jakarta 10110, Indonesia
Telp: +62-21-3841961, 3848667, 3456318
Fax: +62-21-3846106
Website: www.kemendag.go.id